Peranan Budaya Daerah Memperkokoh Ketahanan Budaya Nasional

TUGAS MAKALAH

ILMU BUDAYA DASAR (IBD)

 

Topik

Peranan Budaya Daerah Memperkokoh Ketahanan Budaya Nasional

 

Di susun oleh :

Nama : Febika Wahyu Sa’ban

Kelas : 32410673

Kelas : 1 ID05

 

 

Program Sarjana Strata Satu Teknik Industri S1

UNIVERSITAS GUNADARMA

Jln. KH Nur Ali Kalimalang Bekasi

2010

 

 

Mata Kuliah  :  Ilmu Sosial Dasar

Dosen : Muhammad Burhan Amin

 

Topik Makalah  :

Peranan Budaya Daerah Memperkokoh Ketahanan Budaya Nasional

Kelas  :  1ID05

 

Dateline Makalah : 20 Desember 2010

Tanggal upload makalah  :  19 Desember 2010

 

 

P E R N Y A T A A N

Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam tugas ini, saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

Apabila terbukti benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

 

P e n y u s u n

 

N P M Nama Lengkap Tanda Tangan
32410673 Febika Wahyu Sa’ban  

 

 

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan karunianya saya dapat menyelesaikan makalah dengan topik Peranan Budaya Daerah Memperkokoh Ketahanan Budaya Nasional. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk sebagai pengetahuan dan sebagai acuan kita memberikan sumbangsi dalam kehidupan kebudayaan nasional.

Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam makalah ini dan masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Terima Kasih

 

Hormat kami

 

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ii
DAFTAR ISI
Surat Pernyataan……………………………………………………..i

Kata Pengantar ………………………………………………………ii
Daftar Isi ……………………………………………………………….iii

 

Bab I
Pendahuluan

 

Latar Belakang Kebudayaan Nasional…………………..1

Tujuan………………………………………………………………1

Sasaran……………………………………………………………..1

 

Bab II
Permasalahan

 

Strength (Kekuatan)……………………………….2

Weekness (Kelemahan)……………………………2

Opportunity (Peluang)……………………………..3

Threat (Hambatan)…………………………………3

 

Bab III
Kesimpulan dan Rekomendasi

 

Kesimpulan………………………………………………………..4

Rekomendasi,……………………………………………………..4
Referensi……………………………………………………………4

 

 

 

iii

 

Bab I

Pendahuluan

Budaya Nasional adalah budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dari sabang sampai merauke, yang di wariskan oleh nenek moyang kita sebelum Indonesia merdeka sampai sekarang ini, macam-macam budaya yang kita miliki antara lain alat musik, tarian, lukisan, pakaian, lagu, rumah adat, norma dll, kita sebagai penerus bangsa dan pewaris kebudayaan wajib menjaga dan melestarikan kebudayaan bangsa sehingga di kenal oleh negara lain dan tidak punah di makan oleh zaman.

1.Latar Belakang Kebudayaan Nasional

Kebudayaan nasional suatu bangsa terdiri dari berbagai macam suku. Baik dari musik, tarian, lukisan, pakaian, lagu, norma, rumah adat dan masih banyak lagi.
Namun dengan pesatnya arus globalisasi, budaya-budaya tersebut kian terkikis dan terpinggirkan oleh budaya-budaya yang masuk yang dominan berasal dari budaya barat., mau tidak mau harus disadari dan diakui bahwa eksistensi seni dan budaya daerah di Indonesia semakin lama semakin tergerus oleh ekspansi seni dan budaya global. Apabila hal ini terus berlangsung, maka kita semakin tidak apresiatif terhadap seni dan budaya daerah, yang pada gilirannya akan terasing dari seni dan budaya sendiri, maka kita sebagai penerus bangsa dan pewaris kebudayaan wajib menjaga dan melestarikan kebudayaan nasional.

2. Tujuan

Tujuannya ialah untuk melestarikan kebudayaan nasional kepada anak, cucu kita betapa banyaknya dan beraneka ragamnya budaya yang dimiliki bangsa kita, serta menanamkan rasa kecintaan terhadap budaya leluhur agar semakin di  bangsa Indonesia, dan untuk melestarikannya kepada anak, cucu kita akan banyaknya budaya yang dimiliki bangsa Indonesia. Demi tercapainya suatu perjuangan kepentingan bangsanya menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan

3.Sasaran

Sasarannya adalah agar seluruh warga Negara Indonesia khususnya generasi muda semakin sadar menjaga dan melestarikan kebudayaan nasional yang dimiliki. Karena kebudayaan asli bangsa Indonesia akhir-akhir ini sering sekali di akui oleh beberapa Negara tetangga. Maka sudah sepantasnya kita sebagai warga Negara Indonesia menjaga dan melestarikan kebudayaan bangsa, karena kebudayaan yamg melekat pada suatu bangsa adalah salah satu identitas bangsa untuk membedakan dengan bangsa-bangsa lainnya. Oleh karena itu kita sebagai para generasi muda ini di harapkan dapat menjaga dan melestarikan kebudayaan nasional ini.

Hal 1

BAB II

Permasalahan

Disamping itu banyak permasalahan-permasalahan yang muncul dalam melestarikan dan menjaga kebudayaan bangsa, dari dalam negeri ataupun luar negeri, Diantarnya banyak kebudayaan kita yang di akui sebagai budaya bangsa lain, dan kurangnya kesadaran warga negara dala`1  m melestarikan dan menjaga budayanya.

1.Strength (Kekuatan)

Indonesia sudah sangat terkenal akan kebudayaan yang dimiliki, kebudayaan yang beraneka ragam ini dapat dijadikan sebagai asset negara dan kita harus bisa mempromosikan budaya daerah kita ke negara lain agar meraka dapat mengetahui tentang negara kita ini, sehingga negara kita makin banyak wisatawan-wisatawan asing yang ingin mengunjungi negara kita ini. Sehingga timbul rasa bangga warga negara apabila budayanya di kenalkan atau di perlihatkan ke dunia internasional.

2. Weekness (Kelemahan)

  1. Kelemahan bangsa Indonesia dalam melestarikan kebudayaan nasional ialah Kurangnya kesadaran dalam melestarikan budaya daerahnya, disamping itu masuknya budaya asing merupakan salah satu penyebab lemahnya warga Negara untuk melestarikan kebudayaannya karena di anggap kuno/jadul.
  2. Kurangnya informasi untuk tentang meng hakpatenkan suatu kebudayaan, sehingga sering sekali budaya asli bangsa Indonesia di akui Negara lain, hal ini karena kurangnya kesadaran dari masyarakat sendiri, oleh karena itu pengawasan dari pemerintah. Tentunya mentri kebudayaan dan pariwisata lebih berperan aktif dalam melestarikan dan menghak patenkan kebudayaan.
  3. Kurangnya pendidikan di bangku sekolah tentang budaya bangsa yang di miliki oleh bangsa Indonesia, sehingga generasi muda lebih tertarik pada budaya asing dan tekhnologi-tekhnologi yang masuk seperti diskotik,hiburan malam,game dll.
  4. Kurangnya peran serta orang tua dalam mengenalkan kebudayaan kepada anak-anaknya,

Hal 2

3.Opportunity (Peluang)

Di luar negeri bangsa Indonesia sudah terkenal  dengan keanaka ragaman budaya yang di miliki, hal ini merupakan salah satu peluang besar yang di miliki oleh bangsa indonesia yang tidak di miliki oleh bangsa lain. Peluang besar ini dapat di manfaatkan dengan berbagai macam cara diantaranya:

  1. Tukar menukar budaya antara satu bangsa dengan bangsa lain agar budaya bangsa Indonesia lebih di kenal oleh bangsa lain, yang belakangan ini sering di sosiallisasikan pemerintah.
  2. Mengadakan pentas seni kebudayaan seperti pakaian daerah, kesenian daerah dan tarian daerah asli Indonesia, yang sering di adakan di tempat-tempat wisata, selain mendatangkan keuntungan bagi  warga Negara dengan penjualan souvenir juga menguntungkan bagi Negara karena menambah devisa dengan datangnya wisata asing.
  3. Menggunakan batik sebagai pakaian wajib kerja pada hari jum’at, yang sudah di sosialisasikan ke setiap perusahaan, sehingga menimbulkan rasa menghargai kebudayaan bangsanya.,

4. Threat (Hambatan)

Selain itu terdapat hambatan yang harus kita hadapi dalam menjaga kebudayaan nasional kita.

  1. Masuknya budaya asing sehingga generasi muda lebih memilih budaya asing yang di anggap lebih modern
  2. Kurangnya sosialisasi kepada masyarakat dalam mengenalkan kebudayaan yang di miliki indonesia.
  3. Masuknya tekhnologi yang tak terbendung sehingga masyarakat terutama para generasi muda lebih memilih mengembangkan tekhnologi daripada mengembangkan kebudayaan bangsanya.

Hal 3
Bab III

Kesimpulan dan Rekomendasi

1. Kesimpulan

Dari penjelasan – penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa budaya daerah sangat berperan dalam perkembangan suatu bangsa dan suatu negara dikenal oleh dunia internasional karena budaya daerahnya, begitu pun sebaliknya suatu negara tidak akan dikenal oleh dunia internasional dikarenakan negara tersebut tidak mempunyai budaya daerah.

 

2. Rekomendasi

  1. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebudayaan nasional, agar masyrakat Indonesia semakin menjaga dan melestarikan kebudayaan nasional yang dimiliki saat ini supaya tidak di akui oleh negara lain.
  2. Menjadikan kebudayaan nasional sebagai salah satu ciri negara.
  3. Mempromosikan budaya daerah kepada masyarakat sekitar agar mereka peduli akan arti kebudayaan bagi bangsa kita.

REFERENSI

http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya_Indonesia

http://www.republika.co.id/kanal/breaking-news/seni-budaya

About these ads
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s